Tak Perlu Malu Mengaku Pancasilais

Tak Perlu Malu Mengaku Pancasilais, untuk menjadi bangsa yang besar, rakyai Indonesia harus memiliki ideologi besar. Pancasila merupakan ideologi besar yang mampu mewadahi berbagai kepentingan sehingga dapat mengikat dan menciptakan persatuan dan kesatuan bangsa. Sekarang ini kita tidak perlu malu mengatakan bahwa kita Pancasilais. Yang penting ungkapan itu jujur bukan untuk kepentingan diri sendiri atau golongan. Bangsa Indonesia khususnya para tokoh, kini merasa tidak Percaya Diri (PD) jika menyebut Pancasila. disatu sisi, bangsa ini seperti mau melepas Pancasila dan di sisi lain mereka belum menemukan ideologi yang lebih mantab dari Pancasila.

Yang diperlukan sekarang justru bagaimana para pejabat, baik eksekutif, legislatif dan yudikatif kembali memegang Pancasila secara jujur. Pengalaman kita dengan penataran P4 karena Pancasila dijadikan sebagai alat kekuasaan. Kita salah strategi dalam pembelajaran Pancasila. Ketika penguasa jatuh maka yang disalahkan justru Pancasila. Padahal nilai-nilai pancasila tetap relevan menjadi pegangan bangsa secara bersama-sama.

Bangsa Indonesia tidak perlu mengganti Pancasila dengan ideologi lain. Yang diperlukan bangsa ini sekarang adalah bagaimana mendidikan Pancasila kepada generasi muda secara benar, bukan mencampakannya. Tanpa memegang pancasila, pemerintah sekarang tidak tangguh dan tidak tegas.

Jika bangsa Indonesia ingin kembali menjadi bangsa yang disegani bangsa lain, duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi dengan negara-negara yang sudah maju, maka mau tidak mau bangsa ini harus memutuskan untuk berpegang kepada Ideologi Pancasila.

Mari berjuang, mari berkorban, mari satukan bangsa.

Hidup Pancasila, hidup generasi muda, hidup Bangsa Indonesia.

Respond For " Tak Perlu Malu Mengaku Pancasilais "