Mewarnai Gambar

Mewarnai gambar

Assalamu’alaikum, salam jumpa sua kembali s’moga kita masih diberi kesehatan dan kenikmatan. Pada malam yang panas ini sembari buka baju didepan kipas angin yang berputar kencang, dengan ditemani secangkir kopi dan tiga batang rok**, akan menampilkan sebuah gambar polos untuk diwarnai.
Bagi para orang tua yang sayang kepada buah hatinya ataupun Bapak/Ibu guru TK, SD yang memerlukan gambar-gambar untuk diwarnai siswa siswinya, sekarang tidak usah repot-repot lagi, kunjungi saja di http://erwanefendi.com

Namun ada baiknya kita ulas dulu beberapa teknik mewarnai yang wajib anda tahu.

Teknik Mewarnai yang Wajib Anda Tahu

Kali kesempatan ini saya tidak akan membahas tentang teknik mewarnai yang wajib anda tahu. Kita kembali lagi menjadi anak-anak. Jangan salah, anak usia lima tahun ada juga yang jago mewarnai juga lho. Saya saja mengaku kalah. Jadi saya coba share sedikit ilmu yang saya pahami.

1. Teknik Imajinasi

Teknik Mewarnai yang Wajib Anda Tahu yang pertama adalah teknik imajinasi. Jadi begini, mewarnai sebenarnya pekerjaan menyenangkan. Mau pakai media apapun, teknik mewarnai sama saja. Hal paling mudah jika kita sedang melihat objek, botol misalnya, dan kita ingin mewarnai sebuah botol dengan warna hijau. Letakkan botol di meja dan perhatikan bagian yang terkena sinar dan yang tidak terkena sinar. Jelas terlihat ada bagian gelap dan terang.

Sekarang beralih pada gambar. Bayangkan ada cahaya menerpa salah satu sisi botol. Bagian yang terkena sinar pasti lebih terang daripada yang tidak terkena sinar.

Jadi begini, ambillah seluruh warna hijau dalam kotak pensil warna. Bisa dipastikan ada warna hijau tua dan hijau muda. Sapukan hijau tua untuk sebagian sisi yang tidak terkena cahaya lalu lanjutkan dengan membubuhkan hijau muda.

Tapi tunggu dulu. Mewarnai adalah proses imajinasi, menggunakan perasaan untuk menggunakan warna sebaik mungkin. Untuk menghasilkan warna pekat, pensil warna agak ditekan. Tapi hati-hati, ujung pensil warna sangat rapuh, Jadi menekan pun harus dengan lembut. Untuk bagian yang semakin terang, angkatlah sedikit atau kurangi tekanannya, sehingga warna yang dihasilkan tidak terlalu pekat.

Teknik seperti ini digunakan untuk memberi efek hidup pada gambar yang akan kita warnai. Bandingkan saja jika hanya menggunakan satu warna, tampilannya akan monoton.

2. Teknik Gradasi

Setelah tahu bagian gelap dan terang pada objek, yuk belajar memakai banyak warna senada. Poin pertama sih sudah menjelaskan bagian gelap dan terang ya. Nah, Teknik Mewarnai yang Wajib Anda Tahu selanjutnya adalah teknik gradasi. Jadi, bagaimana kalau ingin mewarnai daun? Jawabnya mudah. Jika pakai pensil warna, ambillah warna hitam, hijau tua, hijau muda, dan kuning. Sapukan hitam pada bagian yang menurut kita gelap (aplikasikan teknik pada poin satu) sedikit saja. Lalu timpa dengan hijau tua ke bagian yang agak terang, berlajut dengan warna hijau muda, dan terakhir kuning. Penggunaan warna sebanyak ini bisa digunakan saat objek ukurannya cukup besar (dikira-kira sendiri saja). Untuk daun yang kecil bisa pakai dua atau tiga warna saja. Jika pakai crayon, cat air, atau yang lainnya, sebenarnya sama saja caranya sih.

Usahakan untuk gradasi pakai satu tone warna, misalnya hijau: hijau lemon, hijau muda, hijau eek kuda (katanya), hijau tua, dan hijau lain.

3. Teknik Tabrak warna

Teknik Mewarnai yang Wajib Anda Tahu selanjutnya yakni teknik tabrak warna. Tidak perlu takut bermain warna. Untuk yang bergenre abstrak, bisa saja main tabrak warna. Merah, hitam, kuning, hijau, dan apa saja. Warnai saja jika memang untuk belajar. Kalau menurutmu hasilnya jelek tidak akan berpengaruh apa-apa buat orang lain. Pasti untuk selanjutnya bisa lebih bagus lagi teknik tabrak warnanya.

4. Teknik Melihat

Satu hal yang sangat membantu dalam padu padankan warna adalah melihat tutorial mewarnai di Youtube. Ada banyak orang yang dengan baik hati sekali berbagi ilmu gratis melalui video. Tentu koneksi internet di rumah harus kencang. Saya pakai XL untuk kemudahan ini. Apalagi Youtube sudah menjadi konsumsi wajib untuk belajar mewarnai. Ada banyak teknik yang bagus sekali untuk ditiru dan dimodifikasi.

Sebenarnya teknik mewarnai ada banyak, bergantung tujuan dan kebutuhan. Berbeda orang beda teknik, beda hasil. Anda pun harus punya tips tersendiri dengan memainkan tangan yang luwes bermain warna tanpa ragu. Memulailah mencoba dengan kertas kosong, lalu membuat sketsa dengan pensin 8B. Sketsa apaaan? Ya sketsa objek untuk diwarnai.

Beberapa tips di atas bisa langsung kamu coba masing-masing. Dan penutup yang baik dari Saya, yaitu mewarnai itu harusnya sih menyenangkan, jadi have fun sajalah. Kalau hasilnya menurut kamu jelek juga, belum tentu kata orang lain jelek. Tetap postinglah di media sosial kamu. Semoga bermanfaat.

Dan tak lupa terakhir, pada kesempatan ini saya akan membagikan  gambar untuk referensi belajar mewarnai bagi putra putri atau anak didik kita, semoga berkenan.

Untuk melihat referensi gambar lain bisa anda klik DISINI

Apasih sebenarnya manfaat kegiatan mewarnai bagi Si keciI ?

  • Mewarnai Mengembangkan Kemampuan Motorik

Aktifitas mewarnai merupakan aktifitas yang dapat membantu meningkatkan kinerja otot tangan sekaligus mengembangkan kemampuan motorik anak. Kemampuan tersebut sangat penting dalam perkembangan aktifitasnya kelak. seperti dalam mengetik, mengangkat benda dan aktifitas lainnya dimana dibutuhkan kinerja otot lengan dan tangan dalam prosesnya
  • Mewarnai Meningkatkan Konsentrasi

Aktifitas mewarnai dapat melatih konsentrasi Si kecil untuk tetap fokus pada pekerjaan yang dilakukannya meskipun banyak aktititas lain yang terjadi disekelilingnya. Seorang anak yang sedang meyelesaikan tugas mewamai akan fokus pada lembar gambar yang sedang diwarnainya, sehingga sekalipun disekelillngnya ribut dengan aktifitas anak-anak lain, ia akan tetap fokus menyelesalkan tugas mewarnainya.
  • Mewarnai Melatih sikecil Mengenal Garis batas Bidang

Mengenal batas bidang gambar rnerupakan manfaat lain dan aktititas mewamai. Dimasa awal Si kecil memulai aktifitas mewarnai. Mereka tidak akan peduli dengan garis batas gambar dihadapannya. Hal tersebut wajar-wajar saja. Biarkan Si kecil merasa nyaman dan exited terlebih dahulu dengan akifitas mewarnainya.
  • Mewarnai Melatih sikecil Membuat Target

Proses mewarnai membutuhkan satu target yaitu berhasil mewarnai seluruh bidang gambar yang tersedia. Dengan melakukan aktifitas mewarnai sejak dini Si kecil akan belajar untuk meyelesaikan tugas yang dihadapinya
Tidak usah panjang dan lebar lagi langsung saja silahkan copy sesuka hati sobat Art, namun jangan lupa kasih Es Cendol ya…! hehe…. komentar yang positif aja udah cukup.

Respond For " Mewarnai Gambar "