Cerita Musang dan Unta

Konon ada sebuah desa yang terletak disekat sungai. Di desa itu banyak sekali ayam. Di desa itu juga hidup Musang. Setiap hari musang pergi kedesa untuk mencari ayam dan dimakannya. Hal demikian terjadi terus menerus hingga tak satu ekor pun ayam tersisa di desa itu.

Di sebuah ladang dekat hutan tersebut, hiduplah Unta. Musang mendatangi Unta. “Paman, engkau kan sahabatku dan disini engkau sedang lapar. Di hulu lain di sungi ini, ada sebuah ladang dengan tumbuhan yang menghijau. Sebaiknya, engkau menyeberangi sungai untuk pergi ke ladang tersebut. Makanlah tanaman yang ada disana, pasti engkau bahagia. Aku akan menemanimu pergi ke sana.”

Unta sangat senang. Ia setuju untuk pergi bersama Musang ke hulu sungai yang lain. Musang pun naik punggung unta sambil menyeberangi sungai. Setelah sampai, Musang segera melompat dari punggung Unta dan berkata, “Paman, di sana ladangnya. Pergilah kamu ke san sampai aku kembali.”

Musang lalu pergi menuju desa dan segera mencari mangsa di kandang ayam. Setelah selesai makan dan merasa kekenyangan, Ia berhenti di dekat Unta dan menjerit, Aaaaaaaaa…..!”

Penduduk desa mendengar suara Musang. Mereka segera mengambil senjata dan keluar mencari musang. Akan tetapi, begitu dikejar, Musang segera berlari. Mereka hanya melihat Unta sedang makan tanaman sawi. Orang-orang hendak memukuli Unta. Unta segera berlari keluar dari ladang itu.

setelah berlari cukup jauh, Unta bertemu Musang, ” Mengapa engkau menjerit seperti itu? Akibat perbuatanmu, aku hampir celaka!” ujar Unta.

“Maafkan aku Paman. Kebiasaanku setelah makan adalah bernyanyi,”kata Musang berkilah.

“Sudahlah Paman. Yang penting kamu sudah selamat. Sekarang ayo kita pulang,” ajak Musang.

Musang naik ke punggung Unta lagi. Lalu Unta masuk air dan berenang hingga sampai ketengah sungai. Unta lalu bergoyang-goyang miring ke kanan dan kekiri. “Paman, mengapa kamu berbuat demikian? Ingat ! Kita sedang di air,” kata Musang.

“Mau tidak mau aku harus begini,” jawab Unta. Aku selalu berbuat seperti ini setelah makan,” kata Unta. Lalu ia mengangkat kedua kaki depannya hingga Musang terjatuh. Karena tidak bisa berenang, langsung saja ia tenggelam.

“Tolong aku Paman! Tolong aku! Kamu tidak boleh meninggalkan aku” katanya kepada Unta.

Respond For " Cerita Musang dan Unta "

  • KUMPULAN DONGENG ANAK 02/05/2013 13:21

    Cerita yang menarik gan..tapi akan lebih baik lagi jika di jelaskan juga pesan dari cerita,biar pembaca pada tau nasehat yang terkandung di dalamnya.
    Tapi secara keseluruhan...nice post... :)
  • Erwan Efendi 02/05/2013 16:21

    @KUMPULAN DONGENG ANAKThanks Gan atas masukannya. ditunggu kunjungannya lagi