Cara Memelihara Koi Yang Benar

Cara Memelihara Koi

Melanjutkan pembahasan yang lalu yakni tentang  Teknik Penetasan Telur Pada Budidaya Ikan Koi, sekarang kita akan menguraikan bagaimana Cara memelihara Koi Yang Benar. Koi mempunyai daya tahan yang cukup terhadap hama dan lingkungan. Koi dapat dipelihara di akuarium atau di kolam. Namun, Koi lebih baik dipelihara di kolam, karena keindahan Koi terlihat pada bagian punggungnya yang berwarna-warni. Di samping itu, Koi memerlukan tempat berenang yang cukup luas dan dalam agar Koi dapat berkembang dengan optimah

A. Pemeliharaan Koi di Akuarium

Terdapat beberapa hal yang harus dipenuhi dalam pemeliharaan Koi di akuarium, diantaranya adalah persiapan tempatnya, pengaturan ekosistem dan pemilihan makanan yang cocok.

Persiapan Akuarium

Memelihara koi di akuarium membutuhkan perawatan yang serius. Oleh karena itu, akuarium tersebut harus menjadi tempat yang indah, nyaman dan memenuhi syarat kesehatan. Akuarium tidak boleh terlalu kecil dan diisi sesuai kapasitas Koi serta tidak berjejal, sehingga keindahan warna-warni dan gerak geriknya sewaktu berenang kelihatan.

Akuarium diisi air seminggu sebelum Koi ditempatkan agar membentuk ekosistem yang cocok untuk ikan. Akuarium tidak boleh diisi dengan air yang kotor atau tercemar oleh obat-obatan atau zat kimia lainnya. Air kran boleh digunakan untuk mengisi akuarium, tetapi sebelumnya harus diendapkan kira kira 12 jam atau dijemur selama 6 jam.

Akuarium harus dirawat dengan membersihkannya secara berkala. Akuarium tidak harus dibersihkan smeinggu sekali atau sebulan seklai, tetapi disesuaikan dengan kondisi akuarium. Bahkan apabila akuarium sering di kuras akan mengganggu ketenangan Koi. Air dapat dikuras dengan menggunakan selang plastik yang panjang. Pembersihan dasar kolam dapat dilakukan dengan memasukkan hewan pemakan bangkai atau sisa sisa makanan seperti ikan sapu, lele atau siput.

Yang tidak kalah pentingnya, situasi alamiah erlu diciptakan agar ikan tidak gelisah seperti ditempat asing. Dasar akuarium juga perlu dilengkapi dengan topografi yang berbentuk lereng atau lembah yang bahannya disusun dari batu-batu kerikil atau koral.

Cara Memelihara Koi Yang Benar

Cara Memelihara Koi Yang Benar

Persiapan Akuarium

Setelah akuarium digenangi air paling sedikit  1 minggu, maka terbentuklah ekositem baru yang sesuai dengan kehidupan ikan, apalagi akuarium diberi tumbuhan. Keberadaan tumbuhan dalam akuarium sangat penting, yaitu sebagai penyeimbang antara gas karbon dioksida (CO2) dan gas oksigen (O2) di dalam air.

Semakin tinggi kandungan O2 dalam air, semakin baik pula pertumbuhan ikan didalamnya. tetapi apabila air banyak mengandung CO2 maka ikan dapat mengalami gejala-gejala yang tidak normal. Selain tumbuhan, aerator juga berperan penting dalam menjaga kandungan O2 dalam air. Sedangkan ukuran aerator dapat disesuaikan dengan ukuran akuarium.

Sinar Matahari

Dalam hal ini matahari dapat digunakan untuk membantu proses fotosintesis tumbuhan dalam akuarium. Oleh karena itu, akuarium yang berada didalam rumah sebaiknya diletakkan ditempat yang mendapatkan sinar matahari secara langsung. Disamping membantu proses fotosintesis, sinar matahari juga dapatmembantu menumbuhkan warna ikan. Akan tetapi dengan syarat, sinar matahari tersebut tidak terus menerus sepanjang hari.

Lampu Penerang

Akuarium yang tidak mendapatkan sinar matahari harus dipasang lampu sebagai pengganti sinar matahari. Lampu yang baik untuk akuarium adalah lampu neon atau TL dengan warna yang disukai karena lampu tersebut mengandung sinar ultra violet yang bermanfaat bagi ikan sebagai penumbuh warna tubuh ikan. Dan bagi tumbuhan sebagai pembantu proses fotosintesis.

Pemasangan Filter

Agar air selalu dalam keadaan bersih, maka perlu dipasang filter. Filter ini berfungsi untuk menyaring kotoran-kotoran ikan dan sebagainya yang telah bercampur dengan air akuarium supaya air kembali menjadi jernih.

Memelihara Ikan di Kolam

Koi lebih mudah dipelihara dikolam luar rumah karena disitu banyak terdapat pakan alami dan adanya sinar matahari yang dapat merangsang warna tubuh Koi. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemeliharaan Koi di dalam kolam adalah sebagai berikut :

  • Persiapan Kolam

Kolam harus diperiapkan dan dirancang sebelum koi pindah ke dalam kolam tersebut, baik yang berkaitan dengan persediaan dana maupun estetika. Jangan sampai pembuatan kolam berhenti karena adanya kendala. Pembuatan kolam harus memperhatikan aspek estetika atau keindahan karena Koi adah ikan hias yang memperlihatkan keindahan warna warninya. Apalagi bila pemeliharaanyya untuk tujuan kontes.

  • Kedalaman Kolam

Luas kolam minimum adalah 1,5m x 2m. Sedangkan kedalaman kolam ditentukan dengan tujuan pembuatan kolam. Ukuran ideal kedalama kolam adalah antara 80cm – 200cm. Kolam yang terlalu dangkal menyebabkan warna Koi akan pucat dan memudar serta pertumbuhannya terhambat karena terus menerus terkena ultra violet matahari. Keuntungan dari kedalaman kolam yang cukup adalah :

  1. Kedalaman yang cukup akan memberikan keleluasaan gerak koi. kebebasan gerak koi menyebabkan koi sehat, apalagi jika koi bergerak vertikal dan horisontal, maka pertumbuhan koi dapat seimbang.
  2. Kedalaman kolam akan menjadikan perubahan suhu air antara siang dan malam tidak drastis karena perubahan yang drastis menyebabkan koi stres dan lemah. Sebagian pedagang sengaja membuat kolam agak dangkal dengan kedalaman 60cm, denga tujuan agar koi dapat dilihat oleh pembeli. Tetapi mereka mengantisipasi sengatan matahari dengan memberikan pancuran air yang sangat deras.
  • Kualitas Air

Sesuatu yang harus diperhatikan oleh penakar ikan adalah kualitas air, karena kualitas air sangat mempengaruhi keberhasilan pemeliharaan koi. Kualitas air yang tidak terkontrol menyebabkan warna koi pucat dan memudar, minimnya oksigen, bahkan keracunan. Struktur dan kelengkapan kolam mempengaruhi kualitas air. Struktur kolam yang baik harus dilengkapi dengan saluran pemasukan dan pembuangan air (drainase).

Adapun cara menjaga kualitas air adalah sebagai berikut :

  1. Menjaga kebersihan kolam
  2. Mengganti air secara rutin
  3. memberi obat pengikat

Air yang kotor dalam kolam dapat diberikan obat berupa Aquadien atau Aquavital untuk mengikat kotoran agar menggumpal, sehingga mudah disedot oleh pompa. Obat tersebut ada yang cair dan ada yang bubuk.

 

Respond For " Cara Memelihara Koi Yang Benar "